Review Rencana Besar , Tayang Di Prime Video

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Memori Tragis Reformasi 1998: Inspirasi Sinematik di Tanah Air

Reformasi 1998 dan tragedi nan menyertainya telah menjadi sumur tak terbatas nan memberi inspirasi bagi cerita, terutama dalam bumi sinema Tanah Air.

Dari satu tema besar ini, para sineas kita mengembangkannya dengan beragam perspektif pandang dan pendekatan sinematik nan nyaris tak terbatas.

Salah satu contoh terbaru dari pemanfaatan tema Reformasi 1998 dalam bumi sinema adalah serial Prime Video berjudul “Rencana Besar”.

Meskipun berlatar masa kini, titik tolaknya membentang hingga 25 tahun ke belakang.

Spirit dari peristiwa kelam itu menjadi benang merah nan mempersatukan keempat protagonis serial ini: Rifad (Adipati Dolken), Ayumi (Prisia Nasution), Reza (Chicco Kurniawan), serta Amanda (Hanggini).

Ayumi dan Reza adalah saksi mata tragedi Reformasi 1998.

Mereka, bagaimanapun, berada di sisi orang-orang nan tergilas keadaan saat itu.

Keluarga Ayumi terkena akibat langsung, dengan kakaknya menjadi salah satu mahasiswa nan menjadi martir di kampusnya dan dikenang lewat Aksi Kamisan.

Sementara itu, family Reza terjerumus dalam kesengsaraan lantaran ambruk akibat krisis moneter.

Rifad, sebagai kawan lama Reza dari SMA, mengetahui penderitaan jiwa nan dialami oleh Reza. Di tengah-tengah semua ini, hanya Amanda nan tidak langsung terhubung dengan peristiwa 1998. Namun, adiknya menjadi korban perdagangan narkoba.

Kuartet ini berasosiasi dalam visi tunggal untuk menjatuhkan Surya Nawasena (Arswendy Bening Swara) dari kekuasaannya di bumi perbankan. Surya digambarkan sebagai antagonis utama nan tampaknya tidak terkalahkan.

Kesimpulan

Premis ini, pada pandangan pertama, telah mencuri perhatian.

Antisipasi terhadap serial ini, nan diadaptasi dari novel berjudul sama karya Tsugaeda, layak dibangun oleh para penonton.

Dengan begitu, “Rencana Besar” menjadi salah satu contoh terbaru gimana peristiwa berhistoris seperti Reformasi 1998 tetap relevan dalam narasi sinematik Tanah Air.

Namun terasa penggarapannya agak meloncat-loncat, dengan beberapa bagian nan tak difahami oleh penonton.

Jika ini merupakan movie layar lebar, mungkin ini bisa “agak dimaklumi”. Namun lantaran ini merupakan serial, dapat terasa adanya loop hole ini, membikin penonton agak bingung.

Terasa perlu pengulangan untuk memandang lagi, namun sayangnya tetap menjadi misteri nan tetap tak terjawabkan.

Rencana Besar telah tayang semuanya di Prime Video

Selengkapnya
Sumber Berita Film Terbaru
Berita Film Terbaru