Aktor Legendaris Donald Sutherland Meninggal Dunia!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Aktor senior Donald Sutherland, salah satu legenda Hollywood dari Kanada nan paling terkenal sepanjang masa, telah meninggal dunia. Bintang M*A*S*H, Klute, dan The Hunger Games ini meninggal dalam usia 88 tahun. Deadline melaporkan bahwa Sutherland meninggal bumi di Miami setelah menderita sakit nan berkepanjangan.

Karier Donald Sutherland melangkah berbarengan dengan perubahan di seluruh Hollywood dan bumi perfilman. Dia memulai pekerjaan filmnya dalam beberapa movie perang terbesar sepanjang masa – The Dirty Dozen (1967), M*A*S*H (1970), Kelly’s Heroes (1970), dan Johnny Got His Gun (1971). Hal ini bertepatan dengan gairahnya nan semakin besar dalam politik dan keterlibatannya dalam protes anti-perang, nan semakin meningkat setelah berjumpa Jane Fonda dalam movie pemenang Oscar, Klute (1971). Keduanya kemudian memulai hubungan romantis dan persahabatan seumur hidup, dan membikin movie protes F.T.A. (“f*ck the army”) pada tahun 1972, berasas perjalanan mereka.

Sutherland kemudian mempunyai pekerjaan nan sangat beragam, membintangi beberapa movie terbaik sepanjang masa (Don’t Look Now, Ordinary People, JFK, Invasion of the Body Snatchers) dan beberapa movie nan sangat terkenal (franchise The Hunger Games, Horrible Bosses, National Lampoon’s Animal House). Sangat disayangkan bahwa dia tidak pernah dinominasikan untuk Oscar, meskipun mereka memperbaikinya dengan Honorary Academy Award nan diberikan kepadanya pada tahun 2017; dia juga pernah dinominasikan untuk sembilan Golden Globe Awards.

Film terakhirnya adalah drama Stephen King, Mr. Harrigan’s Phone dan drama norma bertabur bintang, Miranda’s Victim. Sutherland belakangan ini lebih banyak mengerjakan kitab memoarnya, nan tentunya bakal menjadi arsip kekal dari kehidupan sang aktor. Buku nan berjudul Made Up, But Still True ini bakal diterbitkan pada 12 November 2024.

Sutherland meninggalkan istri ketiganya, Fancine Racette, dan lima orang anak. Putranya, Kiefer Sutherland, menyampaikan kenangannya di Twitter: “Menurut saya pribadi, dia adalah salah satu tokoh terpenting dalam sejarah perfilman. Tidak pernah gentar dengan sebuah peran, baik, jelek alias jelek. Dia mencintai apa nan dia lakukan dan melakukan apa nan dia sukai, dan tidak ada nan bisa meminta lebih dari itu. Sebuah kehidupan nan dijalani dengan baik.”

Selengkapnya
Sumber Berita Film Terbaru
Berita Film Terbaru